Download Resetter Epson L3110 [Gratis & Tutorial]

Printer Epson L3110 sering mengalami masalah tidak bisa mencetak, service required, ink pad nearing the end, dll. Dengan menggunakan resetter kita bisa memperbaiki masalah terserbut hingga printer bisa berjalan kembali seperti semula kala. Untuk itu download software resetter dibawah ini dan ikuti tutorial kami agar printer bisa berjalan normal kembali.

Permasalah printer Epson L3110 hingga tidak bisa mencetak dokumen yang diperlukan cukup membuat kita repot. Terlebih biasanya printer juga ditandai dengan lampu power yang berkedip berwarna orange pada printer, juga pada indikator tinta kertas juga ikut berkedip secara bergantian.

Pada komputer, error L3110 biasanya ditandai dengan tampilan status printer dengan tulisan Service Required, Ink waste is full, Ink pad is at the end of its service life, dll.

Semua masalah diatas bisa kita atasi dengan software bernama resetter, software ini adalah jenis freeware yang sangat berguna untuk printer yang kita gunakan, dan diartikel ini anda bisa mendownload dan melihat cara penggunaannya.

Download Resetter Epson L3110

Dibawah ini adalah link download resetter Epson L3110, pilih salah satu saja dan masuk ke tutorial cara penggunaan.

Cara menggunakan Resetter Epson L3110

Cara menggunakan aplikasi reset ini tergolong cukup mudah dan bisa diikuti oleh siapa saja. Anda tidak perlu ahli dalam mengoperasikan komputer untuk menggunakannya. Kami membahas cara pakai resetter dibawah ini silahkan diikuti:

  1. Download aplikasi resetter yang telah kami bagikan diatas, pilih salah satu saja.
  2. Ekstrak file yang telah anda download dengan menggunakan winrar atau sejenisnya
  3. Sekarang anda akan menemukan folder baru dengan nama Epson L3110 multi pc dan keyg3n. Jika bukan file ini yang anda download diatas, silahkan baca langsung ke poin 7.
  4. Buka folder keyg3n dan buka WLGen_Epson L3110, window baru akan muncul dengan nama License Manager. Disini anda harus menghapus list custumer yang ada. Klik pada nama poo lalu tekan delete license. Hapus semua nama jika ada.
     License manager untuk menambah lisensi
  5. Selanjutnya kita bisa menambah lisensy baru dengan menekan add lic3nse dan masukkan nama Custumer dan Company dengan nama apa saja dan Hardware ID dengan key yang ada pada file SmartKey di folder Epson L3110 Multi PC. Lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas, silahkan klik gambar untuk memperbesar. Tekan save jika sudah anda masukkan dengan benar.
    Menambah kode hardware
  6. Pilih nama customer yang telah anda buat dan tekan Create Lyc3nse K3i dan seharusnya sekarang terbuat sebuah folder baru di folder keygen dengan nama seperti nama customer. Salin isinya dan masukkan kedalam folder Epson L3110 multi pc, perhatikan yang dipindahkan itu file didalamnya, bukan foldernya.
    Menambah file lisensi
  7. Klik 2x pada file Adjprog.exe untuk menjalankan resetter, seharusnya software resetter bisa berjalan dengan normal seperti gambar dibawah ini, jika tidak berhasil silahkan ulangi lagi dari langkah 4 dengan mengubah nama dan companynya.
    Tampilan program resetter
  8. Tekan tombol Select lalu pada bagian Port pilih USB yang terhubung ke printer. Akhiri dengan menekan tombol OK. Selanjutnya pilih tombol Particular adjustment mode > Waste ink pad counter > OK
    Memilih port yang digunakan
  9. Pada window Waste ink pad counter tekan Check > tunggu sebentar hingga muncul angka pada kolom point. Centang pada kotak main pad counter dan platen pad counter dan tekan tombol Initialize.
    Melakukan reset
  10. Tunggu sesaat dan muncul window dengan perintah untuk mematikan printer. Matikan printer Epson L3110 dan tekan OK
  11. Hidupkan kembali printer dan printer bisa berjalan normal kembali.

Kenapa Epson L3110 Bisa Error?

Ada beberapa hal dan penyebab yang biasanya terjadi pada printer Epson L3110 sehingga error dan tidak bisa digunakan untuk melakukan cetak dokumen yang anda perlukan. Kita akan membahasnya pada point dibawah ini.

  1. Masa pemakaian habis, ini secara default ada pada printer dari produsen agar tabung buangan tinta tidak tumpah. Masa pemakaian ini yaitu printer akan menghitung setiap lembar cetakan pada memori printer, dan jika sudah di angka tertentu maka printer akan mengeluarkan pesan Service Required pada layar komputer disertai lampu berkedip pada printer. Untuk mengatasinya anda hanya perlu mengikuti tutorial dan yang paling penting adalah anda membersihkan buangan tinta yang telah penuh. Anda bisa mengganti busa buangan tinta yang ada dibelakang printer.
  2. Cartridge, bagian cartridge juga sering error dan menyebabkan printer tidak bisa digunakan. Anda bisa melepas cartridge dan membersihkan bawahnya. Lakukan secara berhati-hati, anda bisa melihat caranya di Youtube. Cara ini tidak perlu melakukan reset seperti dalam tutorial untuk memperbaikinya.
  3. Benda asing dalam printer, ini juga sering terjadi jika printer anda tidak dijaga, benda kecil seperti kertas sobek yang sangkut didalam printer juga bisa menyebabkan printer tidak bisa berjalan, bersihkan bagian dalam printer hingga tidak ada benda apapun lagi selain periperal mesin saja. Gunakan pinset untuk mengambil benda itu.
  4. Roller, bagian ini juga bisa menyebabkan printer tidak bisa berjalan baik, anda bisa mengganti dengan roller yang baru jika printer sudah susah untuk menarik kertas, pastikan karet cangkraman kertas tidak aus karena penggunaan.
  5. Tinta printer, periksa kembali volume tinta yang ada pada tabung printer anda. Isi dengan tinta original Epson jika tinta sudah mendekati batas minimal. Perhatikan selang tinta yang ada didalam agar tidak terjepit yang membuat tinta mapet dan tinta tidak bisa di distribusikan kedalam cartridge.

Penutup

Masalah sangat sering terjadi pada printer yang kita gunakan terutama jika frekuensi printer yang digunakan cukup sering dan banyak.

Jangan panik untuk terus membawa printer anda ke tukang service, anda bisa memperbaikinya sendiri. Tutorial ini mungkin akan sangat berguna untuk anda yang memiliki masalah yang sama yang dihadapi banyak orang, printer tidak dapat mencetak dengan kode error service required dan sejenisnya.

Semoga tutorial diatas bermanfaat dan tekan tombol like atau share agar kita terus membagikan tips dan tutorial printer terbaru.