Mengatasi Masalah Access Denied Add Printer via Local Port

Masalah Access is denied pernah terjadi saat anda menambahkan printer baru kekomputer, biasa terjadi saat add printer melalui local port (sharing). Ikuti langkah berikut ini untuk mengatasi masalah ini.

Masalah access denied saat kita menambahkan printer kadang kala terjadi pada komputer Windows yang kita gunakan, hal ini terjadi karena tidak adanya permission untuk mengakses folder atau direktori dari komputer.

Ada 2 permission yang harus kita ubah dalam kasus yang terjadi jika terjadi masalah access denied ini, yaitu sharing permission dan NTFS permission. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Mengatasi Masalah Access Denied

Sharing Permission

  1. Buka Windows explorer lalu masuk kedalam folder C:\Windows\System32\Spool
    System spool windows
  2. Selanjutnya klik kanan folder Printers > Properties > Pilih tab Sharing > Pilih Advanced Sharing Settings > Centang Share this folder > Permission pilih Everyone dan centang Full Control
    Permission control for printers.png
  3. Selesai

NTFS Permission

  1. Buka Windows explorer lalu masuk kedalam folder C:\Windows\System32\Spool
    System spool windows
  2. Selanjutnya klik kanan folder Printers > Security > Continue dan pilih Add > Tekan advanced > Klik Find Now dan pilih Network > OK > OK
    Ambil network untuk ditambah
  3. Berikan full control pada Network seperti gambar dibawah ini.
    Permission untuk network
  4. Selesai

Sekarang coba tambahkan lagi printer dengan menggunakan local port. Biasanya dengan memberi 2 permission tersebut tidak ada masalah lagi pada penambahan printer yang kamu gunakan. Semua permission sudah diberikan untuk menambahkan printer.