Mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir. hubungi dukungan epson.

Inilah cara lengkap mengatasi masalah error masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir. hubungi dukungan epson. yang tiba-tiba muncul saat anda akan menggunakan printer merk Epson.

Tentu anda tidak perlu membawa printer ke tukang service untuk mengatasi hal ini. Karena kita bisa membuat sendiri dengan anda mengikuti tutorial yang kami bagikan berikut ini. Error ini juga biasa muncul bersamaan dengan teks “Layanan diperlukan“.

Kenapa error ini bisa terjadi?

Sepeti biasa kami akan menjelaskan terlebih dahulu kenapa hal ini bisa terjadi pada printer Epson anda. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa bantalan printer adalah tempat dudukan dibelakang printer yang berguna sebagai buangan tinta printer hasil dari cetakan. Semua printer akan membuang sedikit tinta saat mencetak atau sebelum mencetak memastaikan tidak ada tinta yang macet pada head printer. Buangan kecil2 ini biasa akan masuk kedalam bantalan atau busa yang ada di belakang printer.

Semua printer baik merk Epson, Canon, HP, Brother dan lain-lain pasti memiliki bantalan tinta ini untuk membuang tinta bahkan printer besar seperti mesin cetak foto juga memiliki bantalan buangan tinta karena ini diperlukan untuk setiap mesin cetak untuk membuang tinta apalagi jika anda sering melakukan cleaning pada mesin printer anda.

Dengan adanya bantalan printer ini, buangan tinta akan masuk ke busa seperti maaf “pembalut” sehingga tinta tidak terpercik kemana-mana dan membuat printer anda kebanjiran dengan tinta. Namun karena lama penggunaan printer dan frekuensi cetak yang sering akan lambat laun membuat bantalan buangan tinta ini akan terisi penuh sehingga komputer akan menampilkan error masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir. hubungi dukungan epson agar kita mengganti bantalan tersebut.

Bantalan tinta printer telah berakhir

Error seperti diatas membuat kita tidak bisa menggunakan printer untuk sementara, printer tidak akan menjalankan perintah cetak dan apapun aktifitas cetak printer tidak akan berjalan.

Membawa printer ke tempat service tentu memakan biaya yang tidak sedikit dan mengharuskan kita meregoh kocek lagi. Namun dengan melakukan hal berikut dibawah ini, anda bisa mengatasi hal error ini dengan mudah dengan mengikuti langkah tutorial dibawah.

Mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir

Sebelum mulai melakukan perbaikan atas masalah bantalan tinta printer ini, perlu diperhatikan bahwa tutorial ini bisa bekerja hampir pada semua printer Epson anda seperti Epson L3110, L100, L120, L210, L360, L220, L365, L385 dll. Disini kita akan membahas printer Epson karena printer inilah yang mengeluarkan tanda error masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir. hubungi dukungan epson.

Peralatan yang diperlukan dalam mengikuti tutorial ini yaitu diantaranya obeng plus, ember dengan air hangat dan air dingin, serta bantalan baru jika ada atau menggunakan bantalan lama. Selanjutnya ikuti langkah tutorial dibawah ini

  1. Matikan printer, cabut dari kabel power dan kabel data dan posisikan printer miring untuk membuka bagian bantalan buangan tinta.
    membuka bagian bantalan buangan tinta
    Berbeda printer, maka berbeda pula tempat buangan bantalan tinta printer ini.
    Epson L3110

    Epson L805

  2. Setelah anda membuka tempat buangan tinta, ambil satu persatu bantalan yang telah terisi dengan tinta dan masukkan ke ember yang telah anda sediakan. Cuci dengan air hangat dan lanjutkan dengan mencuci dengan air dingin hingga bantalan tinta printer ini benar-benar bersih hingga tidak hitam lagi.
    Cuci bantalan tinta
  3. Biasanya saya lakukan ini pada air keran agar pembersihan ini lebih cepat. Air keran yang mengalir membuat cucian lebih cepat dan mudah.
  4. Setelah anda siap membersihkan bantalan tinta tersebut, jemur bantalan yang telah anda bersihkan hingga kering. Hasil tidak akan sempurna seperti sediakala, namun anda bisa mengguankannya kembali untuk beberapa saat. Saran kami untuk anda membeli bantalan buangan lain sesuai dengan tipe printer yang anda gunakan. Berikut salah satu contoh saya ambil dari tokped.
    Beli buangan tinta atau ink pad
  5. Pasang kembali bantalan tinta yang telah kering kembali ke printer dan pasang kembali hingga sempurna.
  6. Selanjutnya anda harus melakukan reset pada printer agar printer dapat digunakan kembali. Saya telah menyediakan tutorial untuk reset printer Epson L3110, Resetter Epson L385, atau jika anda menggunakan tipe printer lain anda bisa mencari digoogle dengan keyword “Resetter Epson Lxxx”.
    Resetter Epson

Selanjutnya sekarang printer akan dikenal sebagai baru atau dimana komputer akan mengenal printer dengan bantalan baru sediakala seperti saat dibeli. Tidak ada lagi error bantalan tinta printer yang mengganggu anda.

Demikian tutorial ini dibuat semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga, haha.