Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Printer

Ada berbagai jenis printer yang tersedia di pasaran, berbagai jenis printer ini digunakan untuk keperluan yang berbeda sesuai dengan jenis printer. Banyak sekali bentuk dan jenis printer yang perlu anda ketahui terutama yang ingin membuka usaha dalam bidang percetakan. Berikut jenis-jenis printer serta pengertian dan fungsi yang bisa anda ketahui.

Printer adalah hardware atau piranti ouput sistem komputer yang menghasilkan cetakan, cetakan bisa berupa gambar, teks, maupun grafik atau gambar. Seperti pengertiannya print memiliki arti mencetak. Banyak jenis-jenis printer yang ada di pasaran, dengan mengenal jenis-jenis printer anda akan lebih memahami jenis printer yang anda butuhkan.

Jenis-jenis printer dan fungsinya

Berikut ini jenis-jenis printer dan fungsi dari setiap jenis printer yang ada di pasaran:

Printer Inkjet

Printer Inkjet adalah piranti yang paling sering kita temui di pasaran dengan harga terjangkau dan mudah dalam pengoperasian. Printer inkjet menggunakan sistem penyemprotan tinta diatas kertas untuk membentuk tulisan maupun gambar. Proses penyemprotan langsung diterima oleh media yang biasanya kertas untuk membentuk gambar yang diinginkan.

Kualitas dari printer inkjet dikenal sangat bagus, lebih jernih dan memiliki warna yang dalam. Printer inkjet mampu mencetak hingga resolusi 300 dots per inc (dpi) bahkan ada hingga 600 dpi sehingga menghasilkan warna yang lebih halus, tajam dan cerah.

Printer ini memiliki harga yang murah, ukuran yang kecil dan ringan serta mudah dioperasikan. Beberapa printer inkjet yang cukup terkenal hingga artikel ini dibuat yaitu Epson L3110, Canon MG5270, Canon iP2770 dll.

Printer Inkjet Epson L3110

Printer jenis ini akan sering anda temui di warnet, di tempat percetakan dan kantor-kantor. Brand yang sangat terkenal dalam memproduksi printer inkjet yaitu ada Epson, Canon, Brother, dan HP.

Selain itu dengan menggunakan printer inkjet kecepatan dan pekerjaan anda sangat ringan untuk dikerjakan, tidak perlu kemampuan khusus untuk mengoperasikan mesin cetak ini dan bahkan bisa mencetak langsung dengan memori card di beberapa jenis printer inkjet.

Dengan segala kelebihan itu printer inkjet juga memiliki kekurangan seperti printer ini tidak secepat printer laserjet, cartridge yang kecil untuk mencetak dalam volume besar, harga cetak perlembar yang lebih mahal dari printer laser dan tinta lebih mudah luntur sesuai produk tinta yang digunakan dan mudah rusak jika kena air. Perbaikan printer inkjet juga cukup mudah, biasanya kita hanya perlu mereset printer dan printer bisa digunakan lagi.

Printer Laserjet

Seperti namanya, printer ini menggunakan laser dalam proses percetakannya. Proses kerjanya secara singkat bekerja dengan menyinarkan alat seperti drum dan kemudian membuat pola gambar sebagai output cetakan. Drum berputar melalui toner sehingga terkombinasi tekanan panas dan proses percetakan berjalan.

Printer ini sering sering digunakan di perkantoran, sekolahan dan tempat usaha juga banyak menggunakan printer laserjet. Tinta yang digunakan adalah tinta bubuk yang biasa disebut dengan tooner. Printer ini menggunakan perangkat inframerah. Printer laserjet biasa kita sebut dengan mesin fotocopy.

Printer Laserjet

Printer laserjet memiliki kecepatan cetak yang sangat tinggi, hasil cetakannya juga bagus dan lebih bagus dari pada printer dot matrix. Selain kecepatan cetak yang tinggi, printer ini memiliki ukuran kertas yang lebih beragam, bisa dari A4 hingga A3 dan biaya cetakan perlembar juga tidak mahal dari pada jenis printer yang lainnya. Walaupun harga mesin laserjet biasanya lebih mahal.

Untuk mencetak foto, biasanya printer laserjet tidak sangat direkomendasikan, karena hasilnya yang buruk dan jelek. Namun perkembangan zaman membuat printer laser juga bisa digunakan untuk mencetak foto dan hasilnya sudah mulai bisa menyaingi dari printer inkjet seperti printer Brother HLL9310CDW.

Printer LED/LCD

Cara kerja dari printer LED/LCD ini sama seperti printer laserjet, namun proses printer ini menggunakan light-emitting diode yang diklaim mampun mencetak grafik dengan kualitas yang lebih baik dan juga hasil yang cepat.

Printer ini juga akan membentuk pola diatas drup dalam proses cetakan, kemudian menggunakan LED untuk membentuk warna. Kekurangan dari printer ini adalah mudah rusak dan tidak sebandel printer laser. Sangat jarang kita menemukan printer ini, karena mahal dan pilihan yang tepat untuk pengguna lebih mengacu pada memilih printer laser atau inkjet sekaligus.

Printer LED

Printer Dot Matrix

Printer dot matrix adalah printer yang menggunakan set pin dan pita yang tersusun diatas untuk mencetak huruf dan karakter dan mirip sekali dengan cara kerja mesin tik, dimana pita akan mentransfer hasil cetakan.

Cara kerja printer dot matrix ini bisa 50 hingga 500 kata perdetiknya. Printer ini hanya menggunakan warna hitam saja untuk mencetak, printer ini dipergunakan untuk keperluan bisnis saja dan ukm dan perkantoran. Biasanya anda akan menemukan mesin ini pada toko pembayaran token listrik, pada kantor pos, alfamart dan indomart.

Printer Dot Matrix

Printer ini mudah dirawat, digunakan dan tahan lama dalam penggunaan. Printer dot matrix juga dioperasikan dengan biaya yang sangat rendah karena tidak menggunakan tinta dan bubuk seperti printer lainnya sehingga banyak dipilih oleh pelaku bisnis.

Printer Solid Ink

Printer ini menggunakan tinta yang berbahan dasar lilin. Cara kerja printer ini yaitu dengan melelehkan tinta kemudian ditampung pada tempat sejenis drum dan tinta didinginkan sehingga tercetak diatas media. Namun perkembangan teknologi membuat printer solid ink lebih modern dengan cara kerja yaitu dengan menyemprotkan tinta diatas kertas. Printer ini juga sering disebut sebagai phase-change printer.

Printer Solid Ink

Printer ini memiliki hasil yang cerah pada cetakan, tergantung kembali pada media yang digunakan. Karena menggunakan lilin dan metode pemanasan, printer ini juga bisa bekerja dengan tinta yang sangat hemat, tidak ada waste inkpad pada printer ini.

Printer Dye Sublimation

 

Printer ini banyak digunakan untuk mencetak di berbagai media seperti gelas/mug, souvenir dll. Hasil cetak dari printer ini memiliki kualitas yang bagus seperti hasil dari inkjet printer, printer juga memiliki harga yang murah dan banyak digunakan pada usaha percetakan.

Printer ini menggunakan panas untuk membuat media meresap warna dan menghasilkan gradasi warna ke setiap piksel. Terdapat gulungan besar didalam printer ini berbentuk film yang transparan dan terdiri dari gulungan panjang selofan berwarna abu-abu, biru, merah dan kuning. Kepala printer akan melewati bagian film dan pewarnaan akan menguap dan meresap pada media yang dicetak.

Printer ini sering digunakan untuk mencetak pada produk fashion, mug dan mousepad, semua media bisa menggunakan printer ini untuk mencetak. Salah satu produk yang keren untuk digunakan yaitu SureColor F530 yang handal dalam mencetak di berbagai media.

Printer Portable

Printer portable dikenal juga dengan printer struk yang bisa dijalankan dengan menggunakan baterai dan ukurannya yang kecil. Operasional dari printer portable juga berjalan secara nirkabel atau dengan menggunakan bluetooth untuk mengoperasikannya.

Printer ini sering sekali ada pada perusahaan atau tempat jual-jualan termasuk supermarket dan minimarket untuk mencetak struk. Printer portable juga biasa sering disebut sebagai printer struk atau printer bluetooth dan berikut gambar penampakannya.

Printer Portable
Printer ini mudah dibawa kemana saja, cetak dari device apa saja karena ini memang sebuah printer portable. Ada berbagai merk printer portable ini, harga yang ditawarkan juga cukup beragam dan kebanyakan kisaran dibawah 500ribu saja.

Printer ini biasa dikhususkan untuk mencetak struk. Namun ada beberapa printer portable yang bisa digunakan untuk mencetak foto. Seperti HP SPRocket untuk mencetak ukuran dompet atau 3in atau bisa juga digunakan untuk mencetak foto polaroid.

Printer Portable Photo.jpg

Printer Plotter

Printer plotter adalah printer yang digunakan untuk mencetak gambar atau grafis di permukaan kertas seperti vinyl, karet, gabus, kulit dan mencetak stiker dengan bidang yang lebar. Printer ini bekerja seperti printer ink-jet namun memiliki ukuran yang lebih besar. Printer plotter biasa digunakan untuk mencetak poster, banner, arsitektur, ilustrasi 3D dan sejenisnya. Ada 2 jenis printer plotter yaitu drum plotter adn flatbed.

Printer bisa mencetak dengan ukuran besar dan cepat. Dengan printer plotter hasil cetakan grafis bisa lebih sempurna dan noise dari cetakan yang tidak bising. Namun printer plotter memiliki harga yang mahal dan tempat yang besar untuk menempatkan printer ini.

Printer Photo Digital/SureLab

Printer photo digital atau biasa disebut dengan printer surelab adalah printer khusus photo yang digunakan khusus untuk mencetak foto dengan resolusi yang tinggi. Printer ini biasanya memiliki berabagai jenis ada yang menggunakan panas hingga menggunakan tinta seperti printer keluaran baru dari Epson.

Walaupun dengan menggunakan printer inkjet anda akan mendapatkan foto yang bagus, dengan printer photo digital anda akan mendapatkan hasil yang maksimal, resolusi tinggi dan ketahanan photo hingga puluhan tahun lamanya. Berbeda dengan printer inkjet yang biasanya akan memudar warna photo jika sudah masuk usia ke 5 tahun lebih.

Printer cetak foto

Baru-baru ini printer photo surelab yang paling kagumi untuk hasil cetakan foto yang berkualitas namun tidak memakan tempat yang banyak yaitu printer dari Epson yaitu SureLab SL-D830. Printer ini menggunakan jenis tinta terbaru yang dikembangkan secara khusus yaitu UltraChrome D6r-S dengan 6 tabung warna untuk menghasilkan foto yang jernih dan tahan hingga ratusan tahun lamanya. Membuat momen indah foto anda bertahan selamanya.

Printer photo SureLab SL-D830

Printer ID Card

Sesuai dengan namanya printer ini dikhususkan untuk mencetak ID Card dengan hasil yang bagus dan cepat. Printer ini juga dapat menyimpan chip khusus berupa RFID sehingga memiliki keamanan yang baik sesuai teknologinya.

Printer ini biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan yang sering menggunakan kartu seperti pada bank, kartu kredit, kartu keanggotaan seperti rumah sakit bahkan sekolah pun sudah banyak menggunakan printer ini untuk mencetak kartu pelajar dan juga pada tempat permainan seperti timezone dll.

Seperti printer biasa, printer ini juga dapat mencetak banyak kartu sekaligus, anda tinggal menempatkan 100 hingga lebih kartu pada feed kartu yang tersedia dan printer secara kontinu akan mencetak setiap kartu hingga selesai layaknya printer biasa.

Cara kerja printer ini dengan cara kartu melewati ribbon dan thermal printhead secara bersamaan, warna ditransfer melalui ribbon ke permukaan kartu dengan media panas yang dikeluarkan printhead.

Printer ID Card

3D Printer

Printer terbaru yang sedang banyak diperbincangkan di pasaran adalah printer 3D. Printer terbaru dibidang Additive Layer Manufacturing yang mencetak objek padat 3 dimensi (3D) dimana teknologi diolah oleh mesin dari data desain hingga menjadi objek padat tertentu yang bisa dipegang.

Printer 3D sering digunakan dalam prototyping (model) maupun industri secara luas, seperti dalam otomotif, industri fashion, medis, arsitektur dan informasi geografis hingga biotech.

Harga printer 3D yang semakin terjangkau juga membuat banyak pelaku usaha kecil dan UKM menggunakannya untuk keperluan pribadi bahkan usaha kecil.

Bahan yang digunakan pada printer 3D biasanya yaitu Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) dan Polylactic acid yang memiliki sifat mudah dibentuk ketika dipanaskan dan menjadi padat ketika didinginkan dan bahan ini ramah lingkungan dimana bisa digunakan beberapa kali.

Printer 3D dalam membentuk objek 3D

Penutup

Tidaklah sulit untuk memilih printer yang anda perlukan. Tentukan tujuan yang jelas kebutuhan anda dalam mencetak sebelum anda membeli printer yang anda butuhkan. Anda tentu memiliki kebutuhan yang berbeda antara praktisi kantoran dengan orang yang akan membuat usaha fotocopy juga dengan percetakan besar.

Dengan mengetahui jenis-jenis printer diatas anda akan mengetahui kebutuhan yang anda perlukan dalam memilih printer yang sesuai, sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan lupa untuk selalu melihat spesifikasi mesin sebelum anda membeli produk, karena spesifikasi berbeda maka berbeda pula harga yang ditawarkan dan lihat juga kebutuhan mendasar anda kembali. Apakah anda membutuhkan spesifikasi itu untuk merogoh kocek yang lebih dalam?

Demikianlah semua penjelasan tentang printer yang bisa anda ketahui. Semoga semua hal tentang printer telah anda pelajari dengan baik pada artikel ini. Semoga bermanfaat bagi anda.